4 Langkah Mengurangi Kebiasaan Boros

4 Langkah Mengurangi Kebiasaan Boros

Kebiasaan royal sering menjadi permasalahan utama di setiap orang. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Kebiasaan boros sering menjelma permasalahan utama setiap orang. Ada-ada aja godaan yang kerap membuat Kamu mudah mengeluarkan uang. Contohnya ialah berbelanja atau nongkrong. Padahal kedua hal tersebut sebenarnya tidak terlalu penting.  

Kebiasaan boros memang sulit diatasi. Namun, bukan berarti tak bisa dihilangkan. Anda bisa berangkat mengurangi kebiasaan boros dengan mempraktekkan empat tips dari psikolog Ajeng Raviando. Bagaimana caranya? Simak pada bawah ini:

1. Stop

Sebelum memutuskan untuk membeli segalanya, coba pahami secara matang perasaan Anda. Berhenti sejenak lalu sentak nafas tiga kali dan hitung mundur sampai 10. “Cara tersebut bisa menghentikan dan membuat kita berpikir lebih fokus, ” ujar Ajeng Raviando.  

2. Think 

Pikirkan baik-baik seberapa perlu Kamu melakukan hal tersebut. Anda bisa membagi kegiatan ke dalam empat kategori, yaitu important (penting atau tidak), critical (sangat penting dan mendesak), postponable (tidak penting dan bisa ditunda), dan time critical (tidak penting, tetapi mendesak).  

Contohnya adalah saat Anda terjebak abu di jalanan. Anda tentu menetapkan membeli payung sehingga barang itu masuk kategori critical. Meskipun begitu, Anda butuh memikirkan ulang rencana membeli kopi karena jalanan abu. Ini berarti kopi masuk kategori postponable.

3. Observe

Setelah mengangkat, Anda masih perlu memikirkan nilai seperti apa yang dibutuhkan sejak barang tersebut. “Barang ini istimewa untuk kebutuhan apa? Apakah kamu perlu atau ingin?, ” introduksi Ajeng Raviando. Misalnya jika Anda ingin membeli baju hangat. Mendatangkan bahan yang sesuai dengan status kulit meski brand lain menunjukkan baju serupa dengan model istimewa namun bahan kasar.

4. Proceed

Langkah final ini menjadi pemutus pengeluaran Anda. Pilihlah tindakan dengan sesuai dengan kondisi finansial zaman sekarang. “Apakah membeli secara cash atau credit? Sekarang atau belakang? Ini semua harus diperhatikan, ” tutup Ajeng Raviando. Ingatlah untuk tidak memaksakan diri!

Itulah tips untuk mengurangi kebiasaan boros. Selamat membuktikan dan mulailah hidup hemat!

Rekomendasi