Data Seputar Payudara yang Perlu Diketahui

Fakta Seputar Payudara yang Perlu Diketahui

Selain memiliki fungsi menyusui, payudara selalu menunjang penampilan wanita. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Selain mempunyai fungsi menyusui, payudara juga menunjang penampilan wanita. Tidak sedikit yang mengiakan ukuran dan bentuk payudara menambah rasa percaya diri mereka. Namun, masih banyak wanita yang invalid mengenal aset alami yang satu ini. Padahal, banyak fakta sekitar payudara yang layak dicermati.

Pepatah lama menyebut, tak kenal maka tak sayang. Ladies , yuk kenali payudara Anda. Cerai-berai sayangi anugerah Tuhan ini dengan merawat keduanya.

Payudara Kiri Selalu Lebih Besar?

Ketika bocor, sebagian wanita mengeluhkan payudara itu membesar. Ini wajar karena selama haid, terjadi peningkatan hormon di dalam tubuh. Bahkan, payudara bisa membesar hingga seukuran cup bra saat tamu bulanan datang. Beberapa hari setelah haid, lingkar dada akan menyusut hingga ke ukuran terkecil karena kadar hormon kembali lazim.

Kehamilan, menyusui, menopause, konsumsi pil KB, hingga berhubungan intim juga bisa menyebabkan payudara membengkak. Pembesaran ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, payudara tidak benar-benar bertumbuh lagi. Payudara umumnya mulai tumbuh di usia 9-11 tahun dan terbentuk sempurna di usia 17 tahun.

(Depositphotos)

(Depositphotos)

Jika diperhatikan secara saksama, kebanyakan wanita punya susu asimetris. “Salah satu penelitian menunjukkan dari 100 wanita yang berkeinginan melakukan prosedur pembesaran payudara, 88 persen di antaranya memiliki dan mengeluhkan payudara asimetris” ungkap dr. Jessica A. Shepherd dari University of Illinois, AS. Kondisi tersebut biasanya terlihat jelas ketika zaman pubertas.

Kadar hormon estrogen yang lebih tinggi pada salah satu payudara membuat ukurannya lebih besar. Jurnalis kesehatan Florence Williams dalam buku Breasts: A Natural and Unnatural History menyebut, perbedaan ukuran payudara mampu mencapai 20 persen.

Lantas, payudara mana yang ukurannya lebih besar? Sebagian kaum hawa mengaku payudara kiri mereka berukuran lebih besar daripada yang kanan. Berdasarkan kesimpulan pengkajian terhadap 600 wanita yang dipublikasikan dalam Annals of Plastic Surgery, payudara kiri memang lebih gembung. “Tapi ketika berbicara spesifik tentang payudara kiri yang lebih besar, tidak ada kesepakatan umum tentang hal itu, ” Jessica tahu.

Payudara Sakit Saat Berolahraga

Untuk mencapai kebugaran dan postur transendental, wanita rutin berolahraga. Saat berolahraga, mereka memperhatikan durasi hingga seragam yang dikenakan. Salah satunya, sport bra untuk menopang payudara selama menjalani aktivitas fisik. Sport bra sangat penting. Pergerakan yang sungguh-sungguh sering pada payudara bisa menerbitkan jaringan payudara ( cooper’s ligaments ) mengalami luka. Jika dibiarkan, menyebabkan kerusakan kekal. Payudara juga rentan menjadi kendur.

Berdasarkan penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, satu dari tiga perempuan mengalami rasa sakit pada payudara ketika berolahraga. Patut diingat, payudara bisa bergerak ke atas atau ke bawah hingga rentang 8 inci saat Anda berolahraga.

Rekomendasi