gong-li-dituduh-menghina-tiongkok-karena-pakai-baju-adidas-di-cover-majalah-vogue-1

Gong Li Dituduh Menghina Tiongkok karena Pakai Baju Adidas di Cover Majalah Vogue

TABLOIDBINTANG. COM   –  Aktris Gong Li menjadi sampul depan Majalah Vogue Tiongkok edisi terbaru. Hal itu rupanya menimbulkan kontoversi di Tiongkok. Netizen di sana menuding Gong Li melakukan penghinaan terhadap Tiongkok lewat busana yang dipakainya.

Di cover majalah tersebut, bintang Ju Dou  dan Raise the Red Lantern  ini mengenakan busana bermerek Adidas. Seperti diketahui Adidas diboikot di Tiongkok. Itu terjadi setelah Adidas dan sejumlah brand besar lain seperti Nike dan H& M mengkritik kerja paksa produksi kapas di  Xinjiang.  

Sebenarnya di foto tersebut logo Adidas tidak terlihat. Namun di kredit foto disebutkan bahwa atasan putih yang dikenakan Gong Li berasal dari merek tersebut. Di sisi lain, Gong Li disebut memilih semua pakaian untuk pemotretan itu. Menurut seorang sumber, Gong Li yang memiliki keputusan akhir atas apa yang dia kenakan untuk pemotretannya, jadi sangat tidak mungkin kalau dia tidak tahu bahwa atasan yang dikenakanannya bermerek Adidas.

Kesal dengan ulah Gong Li, netizen Tiongkok kemudian menyerang aktris tersebut. Mereka menuduh Gong Li menghina China. “Ia sengaja  memilih merek yang mencoreng nama China, ” tulis netizen. Tak hanya itu, mereka juga meminta agar barand-brand Tiongkok memboikot Gong Li. Ada juga yang menuntut Gong Li agar dia kembali ke Singapura dan berhenti mencari uang di Tiongkok.

Gong Li menikah dengan pengusaha Singapura Ooi Hoe Seong pada 1996. Pada 2008 keduanya bercerai. Di tahun yang sama dengan perceraiannya, Gong Li resmi menjadi warga negara Singapura. Sebelumnya ia berkewarganegaraan Tiongkok.