Kala Tak Disadari, Benda-benda Ini Ternyata Lebih Kotor dari Kloset (Bagian 1)

Sering Tak Disadari, Benda-benda Ini Ternyata Lebih Kotor dari Kloset (Bagian 1)

Talenan merupakan benda yang bertambah kotor dibandingkan kloset. (Dok. Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Ada banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor dibandingkan kloset. Beberapa di antaranya sangat kala kita gunakan. Apa saja?

1.       Talenan

talenan 200 kali lebih kotor dibandingkan toilet. (Dok. Indonesia Store)

talenan 200 kali lebih kotor dibandingkan toilet. (Dok. Indonesia Store)

Pekerja kesehatan dari laman kesehatan The Hygiene Doctor, dr. Lisa Ackerley melakukan penelitian mengenai kehigenisan talenan dapur. Hasilnya, talenan 200 kali lebih kotor daripada dudukan toilet dengan jumlah rata-rata kontaminasi mencapai 24. 250 bakteri setiap sentimeter persegi. Bakteri yang sering dijumpai di talenan yakni salmonela, escherichia coli, dan kampilobakter yang menyebabkan keracunan makanan serta diare.

2.       Pengendali jangka jauh

Remote juga menjadi barang yang mengandung bakteri paling banyak. (Dok. Amazon)

Remote juga menjadi barang yang mengandung bakteri paling banyak. (Dok. Amazon)

Pengendali jarak jauh nama lain remote terutama untuk TV di kamar memiliki bakteri 8 kala lebih banyak daripada dudukan kloset. Ini karena orang biasanya tak mencuci tangan sebelum memegang remote sementara jari tangan adalah media yang sangat mudah ditempeli kuman. Yang terjadi kemudian, kuman dalam jari berpindah ke remote TV. Itu sebabnya kita dianjurkan tekun cuci tangan selama 20-30 detik dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang benda lain.

bersambung

Rekomendasi