Lama Tak Main Sinetron, Begini Perjuangan Lian Rahman

TABLOIDBINTANG. COM   –  Menggeluti dunia akting suatu pekerjaan menarik, namun juga tidak mudah untuk mencapai puncak, maupun mempertahankan eksistensi. Sementara kehidupan langsung berjalan.   Lama tak terlihat di layar kaca, aktor asal Bengkulu Lian Rahman kini   menjajal dunia tarik suara. Induk Ijah Pengin Ke Mekah (2013), Ganteng Serigala (2014-2016), Tukang Ojek Pengkolan (2015), Jelangkung 2 (2018) dan beberapa judul FTV pernah dibintangi. “Tapi kita kan enggak bisa begitu-begitu saja. Harus tersedia sesuatu yang baru, harus tetap berkarya” ungkap pemuda kelahiran 17 Oktober 1995 ini.  
Lian mencoba peruntungan di dunia tarik suara dan melirik pasar luar. Perjuangan pun dimulai   dari nol, sejak tahun berarakan. “Saya ingat, dulu pernah mencoba jadi pengamen di bus praja untuk tes mental dan pengin lihat bagaimana respon penumpang, ” kenang Lian. Ini dilakukan di kurun waktu 2012-2014, di era awal-awal menginjakkan kaki di Jakarta. Ia mengenang kembali pengalamannya itu, saat memutuskan mengembangkan karier ke dunia tarik suara.  

Meski sudah membintangi banyak titel sinetron, biasa berhadapan dengan tustel, menyanyi di depan massa menurutnya mempunyai tantangan yang berbeda.   Lian mengasah lagi vokalnya. “Banyak yang bilang, suara saya mirip Ariel Noah, ” ujarnya. Cuma kan kita enggak bisa cepat puas dan menerima pujian karakter begitu saja.  
Sejak tahun lalu, ia mulai memeriksa manggung di beberapa event musik di Jakarta. Sampai rasa percaya diri dan kualitas vokalnya terbangun, Lian merilis singel perdananya “Masa Lalu” yang bisa diunggah di NSP. Namun, ia merasa singel perdananya ini kurang booming. Tidak putus harapan,   Lian memeriksa pasar Malaysia dengan singel kedua, “Relakan”,   yang bernuansa pop melayu.   “Relakan”   menghunjam radio-radio Malaysia, diantaranya Radio Remaja FM pantai Timur 1 Malaysia dan Radio Kamek Malaysia. Pas diminati para pendengar radio dan sempat menjadi favorit.  
Nah, di masa pandemi ini, Lian merilis lagi satu nyanyian baru berjudul “Inginku Kembali” di 15 Augustus nanti untuk rekan Indonesia. “Saat ini saya tentu berusaha menggaet penikmat musik Indonesia. Sekarang ini promo-nya dalam bentuk streaming di Imtv Jakarta. ”   Karena situasi yang serba-serbi terbatas di masa Pandemi, Minat banyak mengekspresikan suaranya lewat event-event online di Bengkulu. Menembus rekan Malaysia sudah dicoba, dan saat ini berusaha memperkuat penggemarnya di Nusantara, Lian berharap suatu hari bisa seperti idolanya Charly Van Houten dan bisa Go International.