Perkiraan Penyebaran Hoax, Polisi Segera Panggil Anji dan Hadi Pranoto

TABLOIDBINTANG. COM   –  Polda Metro Jaya serius menangani dugaan penyaluran berita bohong yang dituduhkan pada musisi Erdian Aji Prihartanto pedengan Anji dan Hadi Pranoto. Kejadian ini bermula dari wawancara Anji dengan Hadi, terkait klaim penemuan obat Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan bakal memanggil Anji dan Hadi Pranoto untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terlapor. Sebelum itu, penjaga akan lebih dulu mengundang mahir bahasa dan ahli kedokteran untuk dimintai pendapatnya.

“Setelah semua (ahli) telah klarifikasi baru kita akan mengundang HD (Hadi Pranoto) dan selalu pemilik akun YouTube Duniamanji (Anji), akan panggil, dijadwalkan kalau seluruh sudah lengkap. Itu mekanismenya, ” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/8).

Anji dilaporkan ke polisi terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoax. (Supriyanto/tabloidbintang.com)
Anji dilaporkan ke polisi terkait dugaan penyaluran berita bohong atau hoax. (Supriyanto/tabloidbintang. com)

Yusri mengatakan pihaknya menetapkan melibatkan ahli bahasa dan kedokteran guna dimintai pendapatnya terkait kandungan rekaman wawancara yang dilakukan Anji dengan Hadi Pranoto. Keterangan mampu tersebut nantinya akan dijadikan pokok untuk menelusuri ada atau tidaknya unsur pidana dalam perkara itu.

“Rencana kita akan memanggil ada besar saksi ahli. Pertama adalah bukti ahli bahasa, karena yang terlibat dipersangkakan di Pasal 28 junto Pasal 45 UU ITE, ” terang Yusri lebih lanjut.

Seperti diberitakan sebelumnya Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, ke Sentra Penyajian Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin (3/8). Muannas menunjuk Anji dan Hadi telah menyerakkan berita bohong atau hoax tentang penemuan obat Covid-19.

(ari)