Urban Farming! Ini Jenis Tanaman Daun yang Bisa Ditanam di Sendi

Urban Farming! Ini Jenis Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam di Rumah

Tren urban farming kian berkembang dalam kalangan masyarakat Indonesia. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Tren urban farming kian berkembang di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih, banyak kebaikan yang bisa didapat dengan menanam tanaman sayur di rumah.

Urban farming merupakan konsep memindahkan pertanian formal ke pertanian perkotaan. Yang jadi pembeda dalam hal ini adalah pelaku dan media tanamnya. Pertanian konvensional lebih berorientasi pada hasil produksi, sedangkan urban farming bertambah pada karakter pelakunya yakni masyarakat urban.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari urban farming. Selain memermak rumah dengan tampilan yang lebih segar, tanaman sayur yang tumbuh juga bisa dipakai untuk konsumsi pribadi. Setidaknya, ini akan mengurangi beban belanja, terutama bila nilai beberapa jenis sayuran sedang mulia.

Terlepas dari konsep dan manfaat, jenis tanaman sayur apa selalu yang bisa ditanam untuk urban farming ini? Berikut ulasannya.

Sawi
Identik dengan bakmi, sayuran berwarna hijau ini sangat cantik dan mudah ditanam dalam rumah. Warna hijaunya bisa segarkan mata. Sementara usia tanam yang tak terlalu lama bisa oleh sebab itu pertimbangan bagi penyuka urban farming yang hobi bertanam sayur dengan cepat panen.

Daun bawang
Beberapa masakan Indonesia ataupun oriental, identik dengan sayuran dengan aroma yang khas ini. Oleh sebab itu jika suka menggunakan daun hati sebagai campuran masakan, Anda mampu coba menanam sayuran ini dalam rumah. Terlebih, tanaman ini semoga ditanam dan tumbuh di tanah yang subur. Untuk mendapatkan bibitnya, bisa dilakukan dengan dua cara: vegetatif atau menyepih dari daun bawang yang sudah tumbuh, juga generatif atau langsung dari bibitnya.

Tomat
Buah secara aneka warna ini kaya mau manfaat. Di sisi lain, tumbuhan dalam bentuk buah yang kepala ini sangat mudah dibudidaya. Bibitnya cukup dengan tomat busuk dengan tak habis terpakai. Media tanamanya bisa menggunakan polybag, atau ditanam langsung di tanah. Jarak semai ideal berkisar 5 cm masa inggin ditanam berjajar.

Cabai kecil
Saat harga medium tinggi, sekilo cabai rawit bisa mencapai ratusan ribu per kilo. Maka dengan membudidaya tanaman ini di rumah, setidaknya akan bisa membantu untuk menekan pengeluaran untuk membeli kebutuhan cabai di panti.

Pada sisi lain, cabai rawit pas mudah ditanam di rumah. Tidak perlu lahan luas, cukup pot dengan media tanam yang baik, niscaya cabai rawit tumbuh kaya. Jadi, meski harga sedang mahal, tentu kegemaran makan pedas tidak perlu terhenti. Terlebih, tanaman itu tumbuh subur di hampir semua habitat dengan mudah.

Terong
Bagi yang masih punya lahan pekarangan kosong, tumbuhan dengan dalam bahasa Inggris disebut eggplant ini pas untuk ditanam. Tampang yang mudah didapat serta kemajuan tumbuh hingga berbuah, bisa oleh karena itu pertimbangan tersendiri untuk menanamnya. Perawatannya pun tak rewel, asal lingkungan pas serta penyiraman benar, maka kegemaran makan sayur tak lagi terhambat meski tak pergi kepasar.

Rekomendasi